Categories
ARTIKEL BEM HIU 2021

LOGIC 2021

     Hai hai hai Sobat HIU! ketemu lagi di Artikel HIU! Sobat HIU gimana nih kabarnya? Semoga sehat selalu yaa. Buat yang lagi kurang sehat, author do’ain semoga cepet sehat yaa.

     Ada yang udah tau belom artikel ini mau bahas apa? Yaps, bener banget nih, tinggal baca di kolom judul yaaa xixi. Artikel kali ini akan membahas salah satu program kerja dari Divisi Pengembangan Organisasi (DPO) yaitu LOGIC.

     Seperti kata pepatah, tak kenal maka kenalan, yuk kenalan dulu sama program kerja LOGIC. Sebelum dijelasin, kira-kira ada yang udah tau belum LOGIC itu singkatan dari apa? oke jelasin aja yak, LOGIC itu singkatan dari Log In to Mathematics. LOGIC merupakan sarana untuk mengenalkan Departemen Pendidikan Matematika yang mencakup civitas akademika, advokasi, akademik, dan organisasi kepada mahasiswa baru, sehingga dapat membantu mahasiswa baru Departemen Pendidikan Matematika untuk beradaptasi dengan cepat di lingkungan kampus. Wahh proker ini pastinya sangat membantu banget bagi mahasiswa baru! btw say hi dulu boleh kali ya ke mahasiswa baru yang lagi baca artikel ini hehe :v

Hallo!! selamat menjadi bagian dari keluarga himatika identika ya, selamat & semangat terus untuk menempuh pendidikan di bangku perkuliahan…

     Sobat HIU harus tahu nih, kegiatan dari LOGIC ini bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru, mengenalkan profil, informasi advokasi dan akademik, serta organisasi yang ada di Departemen Pendidikan Matematika UPI kepada mahasiswa baru, agar mahasiswa baru dapat mengenal dan mengetahui apa saja yang ada di Departemen Pendidikan Matematika UPI. Keren banget kan ada suatu kegiatan yang mewadahi mahasiswa baru untuk mengetahui jurusan dan kampusnya secara menyeluruh nih. Dari tadi kita singgung terus mahasiswa baru, maka dari itu tentunya sasaran kegiatan LOGIC yaitu mahasiswa baru dan data mahasiswa baru Departemen Pendidikan Matematika UPI 2021.

     Sobat HIU udah pada tau belum kalo LOGIC ini udah pernah dilaksanakan loh di tahun-tahun sebelumnya. Terus apa sih perbedaan LOGIC tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya? Yuk kita kepoinnn. Sebagian besar LOGIC tahun ini sama dengan tahun sebelumnya. Sedikit perbedaannya, ada satu rangkaian baru di LOGIC tahun ini sehingga secara keseluruhan LOGIC terdiri dari 4 rangkaian kegiatan yaitu LOGIC Pendataan, LOGIC Departemen, LOGIC Akademik dan LOGIC HIU. Untuk LOGIC Pendataan tahun ini dilaksanakan melalui video conference, berbeda dengan LOGIC Pendataan tahun sebelumnya yang dilaksanakan melalui personal chat atau voice call. Kemudian, untuk rangkaian LOGIC yang baru yaitu LOGIC Akademik, panitia bekerja sama dengan beberapa proker lain dari BEM HIU 2021, seperi MAC, LEMMA, dan TEMBERENG untuk mengenalkan seputar dunia advokasi dan akademik kepada mahasiswa baru. Wah ternyata LOGIC tahun ini tuh spesial yaaa, kalo di martabak mah pake telornya dua! Hihihi

Sobat HIU harus tau nih kalo LOGIC tahun ini mengusung tema: 

“Mari Memulai Hari Baru, sebagai Mahasiswa yang Aktif dan Berilmu”.

     Segala sesuatu pasti punya latar belakang dong baik itu kegiatan ataupun keputusan lainnya, termasuk pemilihan tema dari kegiatan LOGIC 2021 mempui latar belakangnya loh. Transisi siswa dari dunia sekolah menjadi mahasiswa yang memasuki dunia perkuliahan, perlu untuk dibekali pengetahuan dan pemahaman agar dapat menjadi pribadi yang aktif dan berilmu dalam menjalankan perannya sebagai mahasiswa. Hal tersebut yang menjadi latar belakang dari tema LOGIC kali ini.

     Bye the way, Sobat HIU pengen tau ga nih berapa jumlah panitia yang berpartisipasi dalam Proker LOGIC 2021 ini? Oke deh khusus buat Sobat HIU bakal author kasih tau. Panitia LOGIC 2021 terdiri dari 23 orang panitia dengan penanggung jawab Ani Faidatul Ilmiah, Argent Charfo Valenzeo, Khansa Salsabila Rohadatul Aisy dan Rafifa Troisiema Rosulindo serta Ketua Pelaksananya Khansa Salsabila Rohadatul Aisy. Wah pasti Sobat HIU terutama mahasiswa baru udah pada kenal yaa sama akang teteh diatas, buat yang belom kenal, sok atuh nanti kenalan dulu yaa.

     Jumlah panitia udah dibahas, sekarang kita bahas jumlah pesertanya kuyyy. Jumlah total ada 155 peserta yang mengikuti kegiatan LOGIC tahun ini. Hayoo ngakuu, Sobat HIU pasti salah satu dari 155 peserta itu kan??

    Ternyata melaksanakan program kerja LOGIC ga semudah kelihatannya loh! terdapat sedikit kesulitan terutama dibagian pelaksanaan acara. Nah bagi setiap kegiatan bisa dibilang kesulitan ini jadi bumbu penyedap dalam mempersembahkan suatu kegiatan yang keren kan! karena panitia akan saling bekerja sama untuk menyelesaikannya. Seperti di LOGIC Pendataan yang dijadwalkan sebelumnya ada kemunduran karena belum mendapat daftar mahasiswa dari pusat seperti saat pendataan wawancara jalur seleksi mandiri yang sangat mepet. Dan di LOGIC Department pengumuman tanggal fiksnya terlalu mepet sehingga perlu menyiapkan segalanya dengan cepat juga, lalu ada beberapa hal yang harus ditampilkan di ospek fakultas seperti membuat video sehingga panitia sampai membuat 2 video untuk dipakai di penyambutan yang sudah direncanakan dan video fakultas, tapi alhamdulillah panitia LOGIC bisa bekerjasama dengan baik sehingga hasilnya pun baik dan mungkin ada sedikit kendala seperti gangguan sinyal dan kendala yang tidak diduga lainnya. Untuk realisasinya berjalan lancar, karena panitia saling membackup jika ada panitia yang bertugas mengalami kendala dan panitia belajar dari kesalahan dan evaluasi yang ada, sehingga acaranya berjalan lebih baik. Salut banget nih sama Panitia LOGIC 2021, meskipun banyak rintangannya LOGIC ini tetap berjalan dengan sangat baik yaa!

     Dari tadi kita udah bahas tujuan, tema, dsb. Sekarang kita mau bahas timeline dari kegiatan LOGIC 2021, yuk kita liat. LOGIC 2021 dilaksanakan pada bulan Juni – September 2021 menyesuaikan dengan masa orientasi kampus, dengan rincian sebagai berikut:
a. LOGIC Pendataan
– Mahasiswa jalur SNMPTN: 21 dan 23-24 Juni 2021
– Mahasiswa jalur SBMPTN: 6 dan 10-11 Juli 2021
– Mahasiswa jalur SM: 20-21 Agustus 2021
b. LOGIC Departemen: 27 Agustus 2021
c. LOGIC Akademik: 4 September 2021
d. LOGIC HIU: 5 September 2021

     Ada banyak manfaat yang bisa Sobat HIU dapat dari rangkaian LOGIC tahun ini, mahasiswa baru dapat lebih mengenal Departemen Pendidikan Matematika UPI yang mencakup civitas akademika, advokasi, akademik, dan organisasi yang ada di dalamnya serta tentunya mendapatkan berbagai pengalaman yang menarik. Tuh kannn, pasti ga nyesel deh kalo ikutan LOGIC 2021 ini!

    Terdapat beberapa harapan dari pelaksanaan program kerja ini, meskipun pandemi masih berlangsung mahasiswa baru tetap dapat merasakan kehangatan kekeluargaan Departemen Pendidikan Matematika UPI dalam menyambut, membersamai, dan membimbing mereka dalam masa adaptasi mereka sebagai mahasiswa baru.

Sebagai penutup, terdapat beberapa pesan dan kesan dari ketua pelaksana LOGIC 2021 yaitu Teh Khansa Salsabila. Teteh cantik ini berpesan:

“Kalau dari ketua pelaksana, mau mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru 2021 yang telah menjadi keluarga baru Depdikmat dan terimakasih telah berpartisipasi dalam LOGIC semoga kita bisa saling membantu dan tidak sungkan apabila mengalami kesusahan. Dan untuk panitia terimakasih banyak mau bekerja sama dan direpotkan untuk menyuseskan logic 2021 ini, apresiasi yang sebesar besarnya untuk panitia, kalian hebat keren banget, maaf kalau dari aku sebagai ketua pelaksana ada sesuatu yang kurang berkenan, terimakasih sudah saling membantu, mau bekerja sama, semoga di lain kesempatan kita bisa bekerja bersama sama lagi yaaa, untuk sc, teteh amel, kang beriel, teh ani, teh milhaaa, kang sam dan akang/teteh dpm serta teman teman lainnya, makasih banyak sudah membimbing aku, argent, teh rafifa sehingga logic ini bisa berjalan dengan lancar, maaf juga kalau aku banyak kekurangan, terimakasih sudah mau menjawab semua pertanyaanku dan direpotkan, dan untuk sesama pj, kalian luar biasa dan terimakasih sudah bekerja sama dengan baik dan saling membantu juga saling merangkul jika ada kesusahan, untuk semuanya jaga kesehatan, jangan sampai sakit, dijaga pola makannya, sehat selalu ya, kalau ada apa apa mari kita saling membantu, terimakasih semuanyaaa”.

Sampai jumpa di Artikel HIU selanjutnya 👋👋

2 replies on “LOGIC 2021”

Waahhh udah punya dede gemesh lagi ajaaa. Ngerasa tua niih wkwkwk. Semangat berprogres temen temen BEM HIU 2021😄

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *